Author Topic: Kenapa VFP tidak full multitasking?  (Read 6447 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline sysj

  • Newbie
  • *
  • Posts: 34
Kenapa VFP tidak full multitasking?
« on: May 27, 2009, 04:04:44 PM »
Saya kadang2 sebel juga ama VFP kalo lagi sedang proses tombolnya tidak bisa/lama baru bisa diklik sampai proses itu selesai, atau seperti contoh timernya itu sendiri. Emang nggak solusi yg pas seperti di VB? menurut saya VFP menggunakan buffernya terlalu boros...? ada solusinya? makasih mbak suhu...

Offline davidmustakim

  • Fox-id M.V.P
  • Hero Member
  • *
  • Posts: 14.053
  • Awas ya...
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #1 on: May 27, 2009, 04:11:07 PM »
JANGAN menurut you dong kalo baru pelajari.... kan belum tau !
Kalau ada yang tidak lancar itu karena masih salah buatnya, jadi tanya gimana harusnya
JANGAN suka sebel, itu saja bekalnya kalau mau bisa
dan kalau buat Judul coba usahakan isi postingnya ya sama, JANGAN suka bingung sendiri

Offline sysj

  • Newbie
  • *
  • Posts: 34
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #2 on: May 27, 2009, 04:23:55 PM »
sorry mas, kadang2 saya suka keburu2, jadi judul dan nanyanya kurang pas, atau mas ada samplenya programnya u/ solusi itu?

Offline davidmustakim

  • Fox-id M.V.P
  • Hero Member
  • *
  • Posts: 14.053
  • Awas ya...
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #3 on: May 27, 2009, 04:27:55 PM »
masalah persisnya gimana ?, Dibawah kotak penulisan reply ini ada tombol untuk meng-upload form atau prg (click ...Additional Options...), coba gunakan agar teman2 lain bisa rame2 bantu

Offline sysj

  • Newbie
  • *
  • Posts: 34
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #4 on: May 27, 2009, 04:36:49 PM »
soal proses saja sih mas, seperti contoh yg saya buat pake vfp mengexport dari data oracle ke mysql pada diklik tombol lalu klik tombol proses (prosespun berjalan dlm pemindahan data2) lalu yg ingin sy buat ada tombol BATAL nya jadi jika diklik BATAL proses itu dibatalkan dan data kembali seperti semula. Saat ini yg saya akalin adalah dengan menggunakan tombol ESCAPE, jika ada penakanan pd tombol ESC maka proses baru bisa BATAL. makasih mas atas pencerahannya.

Offline davidmustakim

  • Fox-id M.V.P
  • Hero Member
  • *
  • Posts: 14.053
  • Awas ya...
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #5 on: May 27, 2009, 04:39:33 PM »
pada event thisform.cmdBatal.click   ketik:  KEYB '{ESC}'

Offline sysj

  • Newbie
  • *
  • Posts: 34
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #6 on: May 27, 2009, 04:59:10 PM »
wah ini baru mantap, ... makasih mas david.

Offline davidmustakim

  • Fox-id M.V.P
  • Hero Member
  • *
  • Posts: 14.053
  • Awas ya...
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #7 on: May 27, 2009, 05:03:26 PM »
tuh kan... keburu sebel duluan sih tadi... padahal solusi itu juga agak aneh kalo di VFP, tapi kamu kan belum tau, jadi biar deh ... hehehe

Offline avanza_fox

  • Full Member
  • *
  • Posts: 62
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #8 on: May 28, 2009, 09:40:22 AM »
numpang tanya juga kebetulan casenya sama.

ketika satu proses misal loop scan...endscan untuk tujuan tertentu, harus nunggu dulu case looping tersebut baru bisa proses selanjutnya, misal untuk backup ke mysql dengan membentuk script.sql dengan loop semua record, kemudian kita bikin semacan progressbar dilengkapi tombol pause dan cancel dibawah progressbar. tapi baaimana codenya jika tombol cancel diclik atau ESC di tekan proses loop scan...endscan terenti

Offline davidmustakim

  • Fox-id M.V.P
  • Hero Member
  • *
  • Posts: 14.053
  • Awas ya...
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #9 on: May 28, 2009, 11:24:23 AM »
teknik kasarnya sih pake DO WHILE NOT EOF() AND syarat_ok_trus AND NOT LASTKEY()==27
atau bisa juga di bagian terbawah dalam loop scan uji IF LASTKEY()==27 -> EXIT
« Last Edit: May 28, 2009, 11:26:10 AM by davidmustakim »

Offline shee

  • Hero Member
  • *
  • Posts: 756
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #10 on: May 28, 2009, 03:51:58 PM »
Foxpro dan aplikasi lainnya sihh , bisa2x aja multitasking cos itu terbantu oleh bawaan os windows itu sendiri, yang sulit di foxpro adalah Multi Thread... misalnya bgini :
looping sementara berjalan , namun kita tetap bisa membuka form yang lain dalam satu session aplikasi, nah ini yang lumayan susah dilakukan oleh Foxpro, bukan bgitu om david..???

Offline davidmustakim

  • Fox-id M.V.P
  • Hero Member
  • *
  • Posts: 14.053
  • Awas ya...
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #11 on: May 28, 2009, 04:27:57 PM »
Lebih dari satu form terbuka dan masing2 form melakukan proses looping bisa saja, asal data tidak saling conflict pointer, misalnya dengan cara tiap form mempunyai datasession private, atau membuka data dengan nama alias unik. Dalam kasus ini masih harus diperhatikan juga agar proses tidak saling conflict, misalnya karena proses A menambah/mengurangi jumlah suatu field dan/atau jumlah records, sementara proses B berhitung atas dasar asumsi tidak ada jumlah yang berubah

Offline Leon2

  • Junior Member
  • *
  • Posts: 305
  • Jelajahi Fox World U'll Be Happy n Rich
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #12 on: May 28, 2009, 10:37:32 PM »
@All:
He eh eeh eh generasi sekarang kaya'e sdh tidak terbiasa dengan kreatifitas coding neh  :icon_salut:, sampai memanfaatkan 'Keybord' dan 'Lastkey()' juga ndak terpikirkan. Mungkin karena dampak era visual kali ya.  :icon_biggrin:

@Shee:
Apakah fasilitas MDI belum cukup meng-akomodir fungsi multi-thread seperti yg dimaksud yang tentu saja kekawatiran p.David juga merupak masukan yg bagus untuk diperhatikan.

hmmmm... ENAK-nya Era Visual.... :icon_thumleft: :icon_thumleft: :icon_thumleft:
Kasih Sayang Tanpa Kekuatan Adalah Kelemahan
Kekuatan Tanpa Kasih Sayang Adalah Kezaliman
Cinta Itu Buta Tapi Lebih Buta Orang Yang Tidak Kenal Cinta

Offline foxy

  • Fox-id M.V.P
  • Hero Member
  • *
  • Posts: 3.605
    • Foxy Land
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #13 on: May 29, 2009, 02:25:34 AM »
leon2:

Saya rasa bukan masalah visual....

Programming dengan paradigma visual sudah ada sejak Visual Basic kan? Foxpro sendiri juga sudah visual sejak versi 3.0. Saya rasa, lebih tepatnya, sekarang banyak pemula yang dapat dengan mudah memperoleh source program dari berbagai versi (programmer). Belum lagi ditambah jawaban melalui forum yang seringkali belum sesuai dengan level kemampuan pemula. Jadi kemampuan pemula sekarang sepertinya gak seimbang. Sudah memikirkan tampilan Windows frameless yang bagus dengan Windows API, tapi property umum form masih belum fasih. Sudah mau pakai date picker control, tapi pengertian data type masih blank. Dan masih banyak kasus-kasus lain.

Solusinya? Ya gak ada... imho, ini bagian dari proses pembelajaran jaman sekarang. Jadi, yah... kita terima aja keadaannya. Jangan sampai masalah kecil menimbulkan salah paham, flame, dst, dst...

Okay guys... this is just my 2c,
regards,

foxy
This post is provided as is. Feel free to use all the codes and information, however understand that I don't have any obligations to fix any bug(s) or follow up this subject.

Offline davidmustakim

  • Fox-id M.V.P
  • Hero Member
  • *
  • Posts: 14.053
  • Awas ya...
Re: Kenapa VFP tidak full multitasking?
« Reply #14 on: May 29, 2009, 06:34:15 AM »
@foxy & @leon2: saya yakin ga ada bedanya cara mereka sekarang dengan cara kita (atau teman2 kita) dulu. Bedanya cuman dulu ga ada forum kayak ini, jadi kita ga dengar aja,  kan pasti kemahalan kalau diposting di Pos-Kota apalagi Kompas